SOFTSKILL BAHASA INGGRIS BISNIS 2



TUGAS SOFTSKILL BAHASA INGGRIS BISNIS 2
“PRONOUNS”
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRKa6Pn3mTllBRrcEVl6PolFQeo-FMLv3j844QTpWwqjcHiQGdEZg
                            
Di susun oleh :
Mega Puspitawati                   27211837
Nunuk Nurlita Iriani              25211278
Rafika Sophia                          25211750
Yossi Idawardani                     27211586

                            



UNIVERSITAS GUNADARMA


BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Setelah menguasai bahasa Inggris dengan baik, maka kita akan dapat berkomunikasi dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini. Di samping itu, kita pun akan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita demi kemajuan bangsa dan negara kita, karena kita akan dapat membaca literatur-literatur bahasa Inggris, mendengarkan siaran-siaran radio luar negeri, serta menonton film-film ilmu pengetahuan yang lainnya. Banyak sekali kaidah-kaidah yang harus diperhatikan dalam penggunaannya, terutama dalam bidang writingnya. Oleh karena itu, penulis mencoba menyajikan empat kaidah dari sekian banyak kaidah bahasa Inggris, selain untuk memenuhi tugas kuliah juga bertujuan semoga tulisan sesingkat ini dapat menambah wawasan kita tentang bahasa Inggris. 
B.     Rumusan Masalah
  1. Apa yang dimaksud dengan pronoun?
  2. Apa saja bentuk pronoun dan contohnya?
  3. Mempelajari bagaimana cara penggunaan bentuk pronoun?
  4. Apa fungsi penggunaan pronoun?
C.    Tujuan
Dari masalah di atas, maka penulis tentunya bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan point-point tersebut, sesuai dengan pengetahuan yang kami peroleh, baik dari buku  maupun sumber-sumber yang lain. Semoga semuanya memberikan manfaat bagi kita. Bila ada kesalahan tulisan atau kata-kata di dalam makalah ini, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.







BAB 2
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Pronoun
Pronoun atau kata ganti adalah kata-kata yang digunakan untuk menggantikan orang atau benda. Ada 5 jenis kata ganti orang, yaitu yang berfungsi sebagai subject (Subject Pronouns), sebagai object (object pronoun), sebagai adjective (possessive adjectives), untuk menyatakan kepunyaan (possessive pronouns), dan untuk menyatakan refleksi diri (reflexive atau reciprocal pronouns). Pronoun umumnya menggantikan posisi noun yaitu sebagai subject, object ataupun complement.Jadi kami dapat menyimpulkan bahwa pronoun adalah  kata ganti yang digunakan untuk menggantikan orang, hewan, dan benda. kata ganti dalam bahasa inggris (Pronouns) adalah kata-kata yang digunakan untuk menggantikan kata benda (nouns), kata benda ini dapat berupa manusia, hewan, tempat dan konsep abstrak. Tujuan dari penggunaan pronoun bisa disebabkan oleh banyak hal seperti agar lebih singkat, sebuah nama tidak disebutkan berulang-ulang di dalam sebuah kalimat dan efektifitas sebuah kalimat.
B.     Bentuk-bentuk Pronoun
1. Personal Pronoun (kata ganti orang)
Personal pronoun adalah kata ganti yang menunjukkan pada orang atau penamaan. Kata ganti orang ini digunakan sebagai subjek dan objek. Tabel di bawah ini menyenaraikan penggunaan tersebut.
Subjek
Objek
Arti
I
You
She
He
It
We
They
Me
You
Her
Him
It
Us
Them
Saya, aku
Kamu, Anda, kalian
Dia (perempuan)
Dia (laki-laki)
Dia, itu, -nya
Kita, kami
Mereka
Contoh kalimatnya:
  • Three days ago I met Ariel. Yesterday I met him again. (Tiga hari yang lalu saya bertemu Ariel. Kemarin saya bertemu dia lagi).
  • My sister bought a new handphone. She loves it very much. (Saudara perempuan saya membeli sebuah handphone baru. Dia sangat menyukainya).
  • Sule borrowed three books from the library. He must return them in two days. (Sule meminjam tiga buku dari perpustakaan. Dia harus mengembalikannya dalam dua hari).
2. Possessive Pronoun (kata ganti milik)
Possessive pronoun adalah kata yang menunjukkan kepemilikan. Ada dua bentuk possessive pronoun yaitu dependent (ditempatkan sebelum suatu kata benda) dan independent (ditempatkan setelah suatu kata kerja). Untuk lebih jelasnya, silakan Anda lihat tabel di bawah ini.
Dependent
Independent
My
Your
His
Her
Its
Our
Their
Mine
Your
His
Hers
Its
Ours
Theirs
Contohnya:
  • This is my book. The book is mine. (Ini buku saya. Buku ini punya saya)
  • This house is theirs. (Rumah ini milik mereka.)
  • This is your pencil and those are hers. (Ini pensilmu dan itu punya dia).
3. Reflexive Pronoun
Reflexive pronoun adalah kata ganti yang menunjuk kegiatan untuk pelaku sendiri dalam kalimat bersangkutan, atau memberi penekanan pada unsur subjek atau objek. Kata ganti ini mendapat akhiran –self untuk bentuk tunggal, dan akhiran –selves untuk bentuk jamak.
Perhatikan tabel di bawah ini.
Reflexive Pronoun
Arti
Myself
Yourself/yourselves
Themselves
Ourselves
Himself
Herself
Itself
Saya sendiri
Kamu sendiri/kalian sendiri
Mereka sendiri
Kami sendiri
Dia sendiri (laki-laki)
Dia sendiri (perempuan)
Dia sendiri (benda atau binatang)
Contoh kalimatnya:
  • She laughed at herself. (Dia menertawakan dirinya sendiri)
  • He himself drives to school. (Dia sendiri yang menyetir ke sekolah).
  • I myself open the door. (Saya sendiri yang membuka pintu itu).
  • My father cooked this meal himself. (Ayah saya memasak makanannya sendiri).
C.  Fungsi Pronoun
Fungsi pronoun: untuk menyebut sesuatu atau sesorang sebagai ganti kata benda yang sudah disebut dalam kalimat sebelumnya atau si pembicara dan pendengar sudah sama-sama mengetahui benda mana yang dimaksud. Bila tidak ada pronoun kita harus mengulang kata atau frase benda berkali-kali.











BAB III
SIMPULAN DAN SARAN

A.    Simpulan
Yang melatarbelakangi penyusunan makalah ini adalah untuk menambah wawasan kami para penyusun dan mencari cara yang mudah untuk menjelaskan materi tentang Pronoun. Bentuk sifat Pronoun yang berkaitan dengan pengertian Pronoun, bentuk dan sifat Pronoun serta bagaimana penerapan/pemakaiannya.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian pronoun adalah kata ganti yang berfungsi sebagai subject.
I, you, we, they, he, dan she digunakan untuk mengganti orang. Selain itu, “they ” juga digunakan untuk menggantikan plural nouns. He dan she juga dapat digunakan untuk menggantikan hewan, khususnya hewan peliharaan. Dan khusus untuk “she ‘ juga dapat digunakan untuk menggantikan kapal laut.
“It ” untuk menggantikan benda mati dan tumbuhan tunggal.
He, she dan it adalah singular subject (orang ketiga tunggal) yang selalu diikuti oleh singular verb.
B.     Saran
1. Bahasa Inggris adalah bahasa International, untuk mempermudah mempelajarinya bisa dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara membuat makalah yang lebih detail penyampaiannya. Bacalah makalah ini dengan cermat. Mudah-mudahan bisa menambah wawasan (khususnya bagi yang belum mempelajari materi tentang Pronoun).
2. Kepada pembaca yang sudah lebih menguasai materi ini kami berharap memberikan masukan bahkan bisa menambahkan informasi kepada kami baik langsung maupun tidak langsung. Mudah-mudahan bisa tambah pengetahuan buat kami.
3.  Mohon dimaklumi apabila dalam penjelasan materi ini ada yang kurang tepat apalagi tidak sesuai dengan pendapat narasumber, kami manusia biasa dan akan terbuka apabila ada koreksi dari pihak manapun.



DAFTAR PUSTAKA

http://www.tipsbelajarbahasainggris.com/7-jenis-pronoun-yang-harus-anda-ketahui/

0 komentar:

Posting Komentar

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info