tugas pengantar bisnis 2 (pemasaran)



Pemasaran

a.    Pengertian pasar dan pemasaran

Pemasaran berawal dari kata pasar. Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli atau pertukaran barang atau jasa, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Syarat dapat terbentuknya pasar yaitu :
·         Adanya penjual
·         Adanya pembeli
·         Adanya barang atau jasa yang dapat ditukar atau diperjual belikan
·         Adanya transaksi

Sedangkan pemasaran menurut William J Stanton adalah keseluruhan intern yang berhubungan dengan kegiatan usaha yang bertujuan untuk menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang akan memuaskan kebutuhan pembeli baik pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial

Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
            Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran

b.    Jenis-jenis pasar
1.    Berdasarkan wujud objek yang dipertukarkan
·         Pasar barang;
·         Pasar jasa. Contohnya pasar jasa transportasi, jasa komunikasi dll.
2.    Berdasarkan tujuan penggunaan
·         Pasar produk konsumsi;
·         Pasar faktor produksi. Seperti pasar uang, pasar modal, pasar tenaga kerja, dan pasar bahan baku.
3.    Berdasarkan keberadaan fisiknya
·         Pasar konkret. Contohnya pasar tradisional, supermarket, dll.
·         Pasar abstrak. Contohnya perdagangan ekspor-impor.
4.    Berdasarkan kedudukan para pelakunya
·         Pasar lokal.
·         Pasar kawasan. Contohnya pasar Uni Eropa atau pasar Asean di Asia Tenggara.
·         Pasar internasional. Contohnya pasar minyak mentah.
5.    Berdasarkan strukturnya
·         Pasar persaingan sempurna
·         Pasar monopoli dan monopsoni
·         Pasar oligopoli dan oligopsoni. Contoh pasar oligopoli adalah OPEC.
·         Pasar persaingan monopolistik
6.    Berdasarkan saat penyerahan barang
·         Pasar tunai
·         Pasar berjangka

c.     Konsep-konsep inti pemasaran
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Sumber : buku Pengantar Bisnis Modern, DR. Basu Swastha DH,
     SE,MBA; dkk
           
            Konsep-konsep inti pemasaran terbagi 4 yaitu :
·         Konsep produksi
Konsumen menyukai produk yang tersedia, sesuai dengan kemampuan dan manajemen berkonsentrasi pada ketepatan cara dalam menjalankan produsi dan distribusi agar tidak membuang-buang waktu, tenaga dan biaya.
·         Konsep produk
Konsumen menyukai produk yang bermutu baik serta memiliki keistimewaan yang mencolok, jadi manajemen harus memperbaiki produknya secara terus-menerus
·         Konsep penjualan
Konsumen tidak akan membeli banyak produk jika manajemen tidak melakukan promosi dan penjualan dengan baik
·         Konsep pemasaran
Penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan secara lebih efektif dan efisien dari yang dilakukan pesaing

d.    Bauran Pemasaran
Dalam memasarkan produknya kepada konsumen, ada 4 unsur yang harus diperhatikan oleh perusahaan yaitu :
·         Produk (product). Perusahaan harus mampu menentukan aspek-aspek apa saja yang diinginkan oleh konsumen dari suatu produk.
·         Harga (price). Perusahaan harus mempertimbangkan daya beli dari konsumen karena harga memainkan peran penting dalam pemasaran sebuah produk.
·         Promosi (promotion). Aktivitas promosi perusahaan seperti menggunakan media promosi untuk menyampaikan pesan tentang produk, dapat menentukan keberhasilan produk di pasar.
·         Penempatan (place). Memilih perantara yang akan digunakan dalam distribusi, agar produk sampai ke konsumen tepat pada waktunya.

e.    Tujuan sistem pemasaran
Ada tiga alternatif dari sistem pemasaran yaitu :
·         Memaksimumkan Konsumsi
Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmurkan maksimum
·         Memaksimumkan Kepuasan konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah ; belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada individu, kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasan yg diterima sesorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
·         Memaksimumkan Mutu Hidup
Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur

f.     Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
·         Pendekatan Seba Fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar
·         Pendekatan Serba Lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang dsb
·         Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi Industri)
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri
·         Pendekatan Serba Manajemen
Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil
·         Pendekatan Serba Sistem
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga

0 komentar:

Posting Komentar

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info