A. PENDAHULUAN
E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Teknologi yang disebut dengan Electronic Data Interchange (EDI) dan Electronic Fund Transfer (EFT) ini diperkenalkan pada akhir tahun 1970-an. E-commerce menyediakan sarana efisien untuk komunikasi dan pertukaran informasi.
B. TUJUAN E-COMMERCE
Adapun beberapa tujuan perusahaan memilih menggunakan sistem e-commerce untuk menjalankan bisnisnya adalah sebagai berikut :
1. memperoleh konsumen sebanyak-banyaknya agar usaha mereka makin lancar dan memiliki banyak pelanggan. Ini adalah salah satu kelebihan dari internet sendiri yang bersifat global (mendunia)
2. perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.
C. KEUNTUNGAN E-COMMERCE
· Keuntungan e-commerce bagi konsumen :
- memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi;
- memberikan lebih banyak pilihan produk kepada pelanggan;
- menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat;
- harga barang lebih murah;
- bisa belanja tanpa harus keluar dari rumah;
- dll.
· Keuntungan e-commerce bagi pembisnis :
- dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia;
- mengurangi sejumlah biaya tambahan (seperti biaya untuk gedung, pelayangan pelanggan, dll);
- dapat memberikan pelayanan kepada konsumen selama 24 jam;
- dapat menarik pelanggan untuk bertahan atau bahkan untuk menambah pelanggan dengan sangat cepat dengan cara memberikan informasi yg lebih up to date terhadap konsumen.
· Keuntungan bagi manajemen :
- Meningkatnya pendapatan ;
- Loyalitas para pelanggan;
- Dll.
D. KELEBIHAN E-COMMERCE
- Otomatisasi, menggantikan proses manual
- Integrasi, meningkatkan efisiensi & efektifitas proses
- Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan
- Interaksi, pertukaran data / informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error”
- Transaksi, kesepakatan antara dua pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lain.
0 komentar:
Posting Komentar