PERDAGANGAN BEBAS


    Sebelum kita membahas tentang dampak dari perdagangan bebas, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu PERDAGANGAN BEBAS???
   
     Perdagangan bebas adalah perdagangan antar negara baik indivudual maupun perusahaan yang bebas dari hambatan buatan pemerintah seperti pajak ekspor dan impor barang. Tujuan diadakannya perdagangan bebas adalah ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara-negara yang terlibat didalamnya. Akan tetapi sepertinya Indonesia belum siap untuk ikut dalam perdagangan bebas tersebut karena Indonesia belum melakukan persiapan, sedangkan pesaingnya yaitu China sudah melakukan persiapan yang matang dari jauh-jauh hari. Hal ini dapat berdampak buruk untuk Indonesia, antara lain :
1. Pendapatan negara berkurang karena adanya kebebasan laba yaitu 0% untuk biaya ekspor impor barang.
2. Meruginya pengusaha lokal, industri lokal dan sektor pertanian karena China menawarkan harga dan kualitas yang lebih bersaing dari produk lokal.

     Jika hal tersebut terus-menerus dibiarkan begitu saja tidak ada perhatian dari pemerintah, maka akan banyak pengusaha atau industri lokal yang gulung tikar dan melakukan pemutusan hubungan kerja secara besar-besaran. Dan ujung-ujungnya negara jugalah yang akan mengalami kerugian besar. 

0 komentar:

Posting Komentar

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info